Manfaat Wortel untuk Mata, Bisa Cegah Katarak

 

Apa Kamu sudah tahu berbagai manfaat wortel untuk mata? Studi American Academy of Ophthalmology mengatakan memang manfaat wortel untuk mata cukup banyak, sayuran oranye ini juga baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Wortel untuk Mata

Manfaat wortel untuk mata sudah banyak diketahui orang, di mana kandungan vitamin A di dalamnya dapat menjaga kesehatan mata agar lebih baik.

Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan beta-karoten-nya, “karotenoid” yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A memungkinkan protein opsin terbentuk di “sel kerucut” dan protein rhodopsin terbentuk di “sel batang” di dekat bagian belakang mata.

Yuk simak manfaat wortel untuk mata yang perlu Kamu tahu.

1. Mengandung Vitamin A

Wortel adalah sumber vitamin A yang baik. Manfaat wortel untuk mata minus adalah dapat meningkatkan penglihatan yang baik dan penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh, menurut penjelasan The American Journal of Clinical Nutrition.

Kadar air wortel berkisar antara 86–95%, dan porsi yang dapat dimakan terdiri dari sekitar 10% karbohidrat. Wortel mengandung sangat sedikit lemak dan protein. Sehingga bagus untuk menjaga kekebalan tubuh.

2. Mencegah Katarak

Manfaat wortel untuk mata katarak yakni senyawa lutein pada wortel dapat mencegah mata katarak. Lutein akan melindungi mata pada malam hari serta melindungi mata dari degenerasi makula serta katarak.

Wortel kaya akan beta-karoten, pigmen karotenoid yang merupakan prekursor penting dalam vitamin A. Menurut National Institutes of Health, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan pada anak-anak. Maka dari itu, konsumsi wortel dapat memberikan sedikit pemulihan untuk kesehatan mata.

3. Memperjelas Penglihatan

Kandungan vitamin dalam wortel dapat memperjelas penglihatan seseorang. Manfaat wortel untuk mata ini dapat Kamu raih jika rajin makan sayuran sebagai hidangan makanan. Menurut studi dari Community Eye Health Journal, tidak mendapatkan cukup vitamin A dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, terutama di malam hari.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta dapat membantu mencegah degenerasi makula (kehilangan penglihatan) sebab faktor usia.

Berapa Banyak Wortel yang Dibutuhkan?

Banyaknya wortel yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan penglihatan di malam hari masih kurang jelas. Sebagian besar penelitian sejauh ini melihat pada manfaat beta-karoten atau suplemen vitamin A, bukan wortel secara khusus.

Sebuah penelitian acak tentang manfaat wortel pada tahun 2005, menemukan bahwa konsumsi sekitar 4,5 ons wortel yang dimasak selama enam hari seminggu, menjadi pilihan yang baik dibandingkan makanan dengan kandungan vitamin A lainnya.

Seperti beras, daun bayam, dan hati kambing untuk membantu mengatasi kebutaan di malam hari pada wanita hamil. Studi ini menemukan bahwa diet teratur wortel yang dimasak selama enam minggu membantu membawa penglihatan wanita ke tingkat normal.

Itu dia, fakta manfaat wortel untuk mata katarak ataupun penglihatan yang terbatas. Yuk, makan wortel mulai sekarang!

Untuk mendapatkan wortel dengan kuliatas segar, Kamu dapat membelinya di Tanihub. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti selalu menyediakan panen maupun produk segar, terbaik, dan berkualitas yang dipanen/diambil langsung dari petani Indonesia, membeli produk di TaniHub artinya juga sudah turut mendukung pertanian & perekonomian lokal, memiliki layanan pengantaran yang cepat.

Hari ini pesan, besok tiba di depan pintu rumah, memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, mendukung penuh kepuasan pelanggan, jika ada produk yang tidak sesuai, akan diganti serta banyak promo menarik yang membuat belanja jadi hemat tiap minggunya.

Yuk belanja di TaniHub