Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil di Indonesia

Indonesia memiliki dua jenis asuransi yang populer yaitu asuransi kendaraan dan asuransi kesehatan. Salah satu asuransi kendaraan tersebut adalah asuransi mobil. Jumlah pengguna asuransi ini cukup banyak di Indonesia, sehingga memunculkan pertanyaan, seberapa pentingkah asuransi mobil di Indonesia? Karena masih banyak yang beranggapan asuransi mobil bukan kebutuhan utama.

Pentingnya Asuransi Bagi Masyarakat Indonesia

Saat ini kehidupan warga negara Indonesia telah berkembang ke arah yang lebih moderat, meskipun negara ini termasuk negara berkembang. Salah satu ciri negara ini mulai menunjukan kemajuannya , yaitu banyaknya bidang kehidupan yang mencontoh negara maju. Salah satunya kesadaran untuk mengikuti asuransi, di mana hanya negara maju yang banyak melakukannya.

Warga negara Indonesia sering mengalami kendala untuk berobat. Di negara ini, pengobatan termasuk barang yang mahal. Oleh sebab itu, pemerintah mencanangkan agar pengobatan bisa dinikmati gratis oleh seluruh masyarakat Indonesia , melalui badan penyelenggara jaminan sosial yang prosedur penggunaannya sama seperti asuransi kesehatan.

Jumlah pemilik mobil di negara ini juga termasuk tinggi. Terlebih, beragamnya fasilitas yang bisa didapatkan, menjadikan pemilik mobil bisa berganti mobil sesuka hati mereka. Keberadaan mobil-mobil tersebut, tentunya membutuhkan asuransi agar meminimalisir risiko kejahatan dan pencurian, sehingga asuransi mobil di Indonesia menjadi kebutuhan utama.  .

Keuntungan Mengikuti Asuransi Mobil 

Sebagian besar warga Indonesia ada yang telah memiliki mobil. Namun, jika pemilik mobil tidak mengikuti asuransi mobil di Indonesia akan menjadi masalah besar. Padahal, ada banyak keuntungan yang didapatkan bila mengikuti asuransi mobil tersebut. Berikut beberapa keuntungannya:

  • Terlindung dari resiko pencurian.
  • Terlindung dari resiko kecelakaan.
  • Mendapatkan uang pertanggungan yang sesuai.
  • Premi asuransi bisa disesuaikan.
  • Kemudahan melakukan klaim.

Selain asuransi mobil, asuransi kesehatan juga tidak kalah penting. Di Indonesia BPJS adalah asuransi kesehatan wajib bagi seluruh penduduk.

Alasan BPJS Diwajibkan di Indonesia

Pemerintah  menyelenggarakan program tersebut bukan tanpa alasan, jika tidak bertujuan untuk membuat warga negara Indonesia lebih kuat dan maju. Bahkan di antara peserta tersebut memiliki mobil dan mengikuti asuransi mobil di Indonesia tetapi diwajibkan untuk ,mengikutinya karena beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

  • Pembayaran iuran murah. Saat ini pembayaran iuran setiap bulannya berada di bawah Rp100.000, bahkan untuk kelas 1 sekalipun. Nilai tersebut tergolong murah dibandingkan dengan pembayaran premi asuransi swasta yang bisa mencapai Rp500.000
  • Dapat digunakan untuk berobat jalan dan rawat inap. Iuran murah tapi fasilitas yang didapatnya besar. Bahkan, pesertanya bisa melakukan rawat inap hingga rawat jalan tanpa dipungut biaya sepeserpun.
  • Bisa digunakan di semua Rumah Sakit Pemerintah. Rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap dan menjadi rumah sakit pusat, saat ini didominasi oleh rumah sakit pemerintah. Hal ini merupakan salah satu keuntungan menjadi pesertanya karena bisa mendapatkan pengobatan dengan fasilitas lengkap.
  • Sebagian Rumah Sakit swasta bisa menggunakan BPJS. Banyak pesertanya berasumsi bahwa mereka bisa menggunakan jenis asuransi kesehatan dari Pemerintah ini hanya di rumah sakit swasta. Namun, saat ini banyak juga rumah sakit swasta yang menyelenggarakan perawatan dengan menggunakan prosedur tersebut.
  • Program pemerintah memberikan pengobatan murah berkualitas. Pemerintah selalu mencari cara agar kesejahteraan penduduknya terpenuhi. Salah satunya dengan penyelenggaraan pengobatan yang murah tapi berkualitas, bahkan gratis. Hal tersebut merupakan kesempatan bagi semua warga negara Indonesia untuk mendapatkan fasilitasnya.

Asuransi sangat penting dimiliki oleh setiap orang karena manfaat perlindungannya. Tidak terkecuali dengan warga negara Indonesia. Maka dari itu, Pemerintah  menyelenggarakan BPJS yang wajib diikuti agar warga negara Indonesia sadar berasuransi. Termasuk warga negara yang memiliki mobil wajib memiliki asuransi mobil di Indonesia